Barangkali anda baru saja membeli domain baru untuk usaha anda, atau untuk web peribadi anda. Apalagi belinya di Jogja Web Center ya… (Mantap)

Tapi, jangan lupa untuk melakukan verifikasi domain.

Kawan-kawan sudah tahu ICANN? ICANN itu adalah sebuah organisasi yang memiliki wewenang untuk mengatur pendaftaran domain di dunia. Organisasi ini memiliki alasan mengatur keamanan untuk semua pemilik domain yang melakukan verifikasi Whois Domain ini. Jika domain anda telah diaktifkan, selanjutnya anda akan menerima email verifikasi dari ICANN atas pendaftaran domain baru anda. Pastikan untuk mengklik link yang dikirim untuk melakukan verifikasi. Sudah belum? Kalau belum nanti langsung di buka ya link-nya.

Jika anda ingin melakukan Transfer Domain, Pendaftaran Domain, dan atau melakukan perubahan data Whois atau domain holder. ICANN berharap supaya pemegang sebuah domain tersebut wajib untuk melakukan registrasi pemverifikasian domain.

Nah kemudian untuk Pemverifikasian diproses melalui ICANN mengirim sebuah “kode verifikasi” melalui email. Dalam jangka waktu 15 hari (ingat 15 hari saja ya) jika pemegang tersebut tidak segera melakukan pemverifikasian domain maka domain tersebut akan dinonaktifkan. Dengan catatan:

  1. ICANN akan mengirim kode verifikasi pada email yang telah didaftarkan pemegang domain. Jika verifikasi tidak segera dilakukan akan dikirim pengingat tambahan pada hari ke 7 dan 14.
  2. Dalam waktu 15 hari, jika domain tidak segera diverifikasi nama domain tersebut akan dinonaktifkan. Dengan nama domain tidak mengalami kendala apapun selama periode pemberitahuan.
  3. Jika alamat email sudah diverifikasi, maka pendaftaran, transfer, atau update kontak tidak memerlukan verifikasi.
  4. Dalam 1 tahun, system mengirimkan email whois data satu kali untuk pengingat nama pendaftar